Friday, September 17, 2010

Tips Kembung Pada Bayi

Menelan angin dan mengeluarkan gas adalah bagian normal dari masa-masa pertumbuhan bayi. Namun, gas yang berlebihan dalam usus dapat membuat bayi tidak nyaman dan menjadi rewel.

Tips meminimalisir masuknya angin ke dalam perut bayi:

Saat memberi ASI, pastikan bibir bayi menutup dengan baik dan menghisap jauh di belakang aerola ibu.

Jika si kecil menyusu dengan botol, atur posisi bibir bayi agar menutup dasar dot botol, tak hanya puncaknya saja.

Saat menyusu dengan posisi digendong, jaga kemiringan tubuhnya pada kemiringan 40-45 derajat. Pertahankan posisi ini hingga setengah jam setelahnya.

Hindari bayi menghisap dot botol yang sudah kosong.

Kurangi makanan yang mengandung gas dari menu si kecil, seperti brokoli, bawang putih, tauge, kembang kol dan kubis.

Daripada memberikan makanan dalam jumlah banyak pada satu kesempatan, lebih baik menyuapinya dengan jumlah sedikit namun sering.

Jika terlanjur kembung, Anda harus berupaya mengeluarkan angin dari dalam perut bayi, sehingga ia bisa merasa lebih nyaman. Berikut panduan dari William Sears, M.D.,

Buat si kecil bersendawa selama atau setelah minum susu. Bisa dilakukan dengan menggendongnya dalam posisi tegak di bahu sambil menepuk-nepuk punggungnya secara perlahan.

Pompa gas keluar dari perut bayi. Caranya, pegang kedua betis bagian bawah bayi, dan tekuk kaki bayi ke arah perutnya. Tekuk kedua kaki ini secara bergantian seperti sedang mengayuh sepeda.

Tengkurapkan atau telungkupkan bayi. Sebab, dengan ditelungkupkan, gas di perut akan mencari tempat yang lebih tinggi untuk kemudian keluar.

Pijat perutnya dengan sentuhan I Love U (ILU). Oleskan minyak hangat ke tangan Anda, usapkanlah ke bagian perut bayi yang tegang, dengan gerakan melingkar. Mulai dengan gerakan membentuk huruf I dari atas ke bawah, pada bagian kiri perut bayi. Gerakan ini menggerakkan gas ke bawah, dan keluar dari usus besar bayi. Lalu, lanjutkan pijatan dengan gerakan membentuk huruf L terbalik, sehingga gas yang ada pada bagian peralihan usus menuju ke bagian bawah usus besar lagi. Kemudian pijitlah dengan membentuk huruf U terbalik. Mulailah dengan gerakan ke atas sepanjang usus yang naik, membelok datar ke kanan, kemudian turun. Pijatan pada perut akan lebih efektif, bila bayi berada di pangkuan dengan kaki menghadap Anda, atau sambil berendam air hangat.

No comments:

Post a Comment